August 06, 2008

Smell Of The Blood!

bulan2 kayak gini khas sekali baunya. antara juli-agustus, kalo kata temen2 di kampus, 'wis mambu getih!' (red:'sudah bau darah!'). serem emang, aku aja yg denger kadang merinding juga, tapi nyatanya emang gitu. at least, di tempatku, that kind of words bisa jadi sangat akrab di kuping smua mahasiswa :) SMELL OF THE BLOOD! (sudah kayak judul film2 mafia jaman dulu gak sih??)

as we know, MaBa (Mahasiswa Baru) sudah mulai berkeliaran di tiap kampus, aku yakin di kampus kamu2 smua juga gitu. tau kan, mereka yg dengan muka malu2 mau dateng lewat gerbang kampus, sambil narik2 tangan ayah atau ibunya, ato bagi yang lebih beruntung bisa juga dateng dengan jumawa dianter mobil mewah kinyis2 sambil clingukan kemana2. ya, MaBa, selalu saja jadi objek yang cukup dihebohkan, sama banyak orang malah : birokrat kampus, mahasiswa, pebisnis kos2an, pebisnis ATK, pemilik warung2 makan, pihak bank, ato bahkan calo!. gurauannya, MaBa yang lewat di depan kita pasti bakal ngeluarin bau darah yg ngebuat adrenalin muncak sampe ke ubun2 (ada gitu, adrenalin ke ubun2??!!). no hard feeling, cuma guyonan.

aku sendiri kadang ngerasa bosen tiap kali berada pada kondisi seperti sekarang. maba dimana2, mulai banyak aturan2 tertulis yg ditempel sama bapak2 penguasa kampus, orang tua yg nggandoli anaknya seakan takut banget mereka ilang ato diculik trus dimutilasi sama senior2nya (anjrit, kampus ato apaan??!!). bukan, bukan bosen ato sebel sama MaBanya, ngapain juga sebel sama orang yg belom ngerti apa2(hehe, sorry buat yg maba?!). justru aku annoyed sama tingkah para birokrat yg berlebihan dalam nge-treat maba, aku gak tau gimana di tempat lain, tapi disini keberlebihan itu sering memancing konflik panjang antara mahasiswa vs birokrat. gak pernah selesai ato hepi ending, malah makin lama makin gila, makin gak sehat dan mahasiswapun jadi sedikit desperado ngadepin ke'gila'an orang tuanya (red: bapak2 itu tuh...).

mereka jadi seperti emas yg haram disentuh oleh kakak2nya, ada kerumunan maba dikit aja (padahal kerumunannya karena ada acara makan pecel bersama) udah di bubarin sama intelejen kampus (yg sok teu), ada yg pake tanda pengenal agak gede udah disuruh nyopot cepet2, katanya sekarang udah gak musim yg gituan. ya iyalah gak musim, siapa juga yg mau nurutin musim?! klo ya, pasti tuh maba bakal kita suruh pake hotpants smua ato celana pinsil plus tanktop ngapret, mau??! lama2 pejabat kampus udah kayak pengintai kelas satu yg siap 'ngebunuh' siapa aja yg ngejamah MaBa. mereka gak sadar, smua perlakuan itu bisa ngebuat si anak baru semakin 'asing' di tempatnya dan parahnya, mereka mulai tumbuh jadi anak manja yg berdiri di belakang aksi garang si bapak.

lihat aja, kampus sekarang udah merem melek nyari nafas. i mean, dinamika kampus udah gak seromantis dulu lagi, dimana masih banyak tulisan2 kritis mahasiswa nempel di papan2 pengumuman, masih ramai diskusi2 isu sosial intern ato ekstern kampus, masih banyak ide2 kegiatan kreatif khas mahasiswa, semua seakan-akan terkikis pelan2, beralih ke pinggir, gak lagi jadi ruh kehidupan kampus. sebaliknya, udah beberapa tahun ini kampus malah jadi lahan subur buat ngadain konser2 musik dan sederet kegiatan hedonis lain. eneg...!!!

aku yakin ini bisa jadi saling berkaitan, antara sikap overprotektif terhadap MaBa dengan menjelmanya kampus sebagai sarang pribadi2 hedonis, emoh bersentuhan dengan sisi2 kehidupan mahasiswa yg kudunya merakyat dan membumi. lama2 aku berpikir klo birokrat sudah sangat egois dgn selalu ngelonin aset barunya hanya demi nyenengin penyandang dana (apalagi dgn dibukanya jalur2 lain selain SPMB dan jalur normal lain). tau lah, orang tua pasti seneng klo anaknya bisa berkuliah dgn amat sangat aman dan nyaman di kampus mereka, artinya ortu bakal terus nempatin anaknya disana, artinya lagi duit spp yg segitu gedenya bakal trus ngalir. blum lagi klo si anak masuk lewat jalur kemitraan yang ayahnya adalah bos di sebuah perusahaan gede dan sedang berjoin proyek dengan pihak kampus , nah semakin lancar jalan si anak berkuliah maka semakin lancar pulalah proyek berjalan.

aku muak, pelarangan interaksi dengan MaBa sudah bukan murni lagi karena alasan semakin merebaknya isu kekerasan dan perploncoan! tidak sesederhana itu! dan parahnya, sudah tidak ada lagi ruang diskusi yang sehat untuk nyelesein masalah kayak gini. 100% aku yakin, ini terjadi di tiap kampus dan kejengkelan yg sama pasti dirasain oleh smua mahasiswa yang masih ingin berpegang pada nilai2 ideal (weiiihhh, sok mahasiswa?!!).

aku tau ini sifatnya subjektif, mungkin klo ada pihak birokrat yg nulis macem gini, mereka juga bakal bilang  'mahasiswa sudah gila!!!'. gpp, saling menggilakan kadang perlu, untuk ngerti siapa yg sebenernya lebih waras :)

mmm, ganti layout nih. ada beberapa yang baru, keren juga!:p. thanks buat Nurind yg berbaik hati memberikan 'tutorial' singkat mengenai cbox, ketauan ni klo pemula abis,mhuaahahaha!!! thanks juga buat Radith yg udah ngejawab pertanyaanku untuk progress film di blog dia, what a surprise!
hhhh!!!, udah segini aja.

QUE TO ME MANQUES...:)

No comments:

Post a Comment