November 19, 2008

Arem-Arem vs Onigiri


Masih inget perihal Arem-Arem? Tiba-tiba aku punya ide untuk menampilkan gambarnya disini. Iseng sih nge-search di google, gak taunya ada juga :).

Arem-Arem yang aku maem pas masih kecil dulu persis kayak gitu. Dibungkus daun pisang, berminyak-minyak gitu, trus berbentuk silinder setengah gepeng. Dan kalo aku pikir-pikir sekarang, sebenernya bakal lebih praktis maem model makanan kayak Arem-Arem daripada sajian makanan lengkap yang super ribet. Masih harus pake piring, pake sendok garpu, nyuap2 nasi dan lauknya, ahh... ribetlah!

Arem-Arem adalah jajanan 'berat' yang cukup sederhana dan memudahkan. Malah menurutku dia setara dengan sajian sepiring nasi berikut lauk-pauknya. Sehat bukan??. Gak heran kalo dulu Mbah Ti ngotot sekali membawakan empat gulung Arem-Arem untuk anak, menantu dan cucu-cucunya yang berkelana dengan kereta (berkelana?? kayaknya gak sampe segitunya deh?!).

Karena cukup penasaran dengan apa yang ada di balik 'panganan' ini, aku search juga resep dan semacam keterangan singkat mengenai Arem-Arem. Semoga bisa kasih pengetahuan baru juga buat yang lainnya, karena setauku dia belom terlalu banyak dijual dan dipublikasikan. Lumayan kan, hemat piring, hemat perkakas lainnya, hemat cucian, fleksibel, gampang maemnya, dan keren!, ya..., itu yang paling aku suka, Arem-Arem itu keren saudara! bahkan dia bisa aja lebih bergizi dan bergengsi dari Onigiri, nasi kepalnya Jepang. Ehhmm, sudah saatnya kita bangga dengan olahan bangsa sendiri! :D

Berikut sedikit informasi mengenai Arem-Arem :
"Arem-arem merupakan penganan serupa lemper, yaitu nasi berisi sayuran atau sambal gorengpisang. Arem-arem popular sebagai penganan pengganti sarapan. Biasanya ukurannya dibuat lebih besar daripada lemper. yang dibungkus dengan daun"
Lemper berbeda dari arem-arem dalam hal penggunaan nasi. Lemper menggunakan ketan, alih-alih nasi.
Resep Arem Arem :
Bahan Nasi
Bahan Isi
Bumbu halus
Bahan lain
  • Daun pisang, potong kira2 10x20 cm, jika daunnya keras, rendam dalam air panas terlebih dahulu.
Proses
  1. Aduk beras bersama air, santan, garam, dan daun salam, didihkan dengan api sedang sampai menjadi nasi lembek. Sesekali diaduk karena santan pada bawah panci akan cepat matang.
  2. Tumis bumbu halus, masukan daging halus, aduk samapi air daging habis dengan api sedang
  3. Tuangi santan dan wortel, aduk, didihkan dengan api kecil sampai santan susut
  4. Siapkan daun, ambil nasi, letakan di tengah2, tekan2 hingga padat, merata, dan melebar.
  5. Isi dengan 1 sdm daging, gulung nasi sampai daging tertutup nasi.
  6. Gulung daun sambil ditekan hingga padat
  7. Lipat kedua sisi sambil ditekan hingga padat
  8. Kukus 1 jam. Sajikan dingin, kalo panas2 nasi masih belum memadat.
*http://id.wikibooks.org/wiki/Resep:Arem-arem*

Yosh!, sudah dicatat, mbak, mas?? Sederhana bukan?. Gak kalah dong sama Onigiri?! Mari sukseskan Program Gemar Arem-Arem!!! :D


*Onigiri, saingan Arem-Arem*

No comments:

Post a Comment