May 27, 2008

'Ini siapa???'



Weekend kemarin benar-benar melelahkan.
Dua hari menjelma menjadi something crowded, tak jelas, tak penting dan seperti saya tulis di posting sebelumnya, menguras habis kesabaran, huahh!

Ya, acara kumpul-kumpul keluarga besar Ayah. Gile bener, banyak personil tempurnya ternyata! Semua jenis manusia ada. Mulai dari sesepuh, pakde-bude, om-tante, sepupu-dua pupu, ponakan, ponakan sepupu, ah, bingung! Parahnya lagi, saya menemukan banyak sekali orang asing yang sama sekali tak terdeteksi memori, bahkan hanya untuk sebuah nama. Stress begitu ketemu. Kita bertatap muka, salaman, dan saya hanya bisa nyengir, sok kenal. Setali tiga uang, 'saudara tak dikenal' di depan saya sepertinya juga merasa asing.  Sungguh asing. Air mukanya bingung campur usaha keras mengingat-ingat. Yay! paling tidak saya tak sendiri.
Hal paling menyebalkan di saat begini (red : Kumpul Keluarga) adalah pada saat kita tahu benar sama itu saudara, eh ternyata dia ngeblank sama kita, jleb! Hatiku berdarah. Saya sempat mengalami kejadian itu berkali-kali, dalam jangka waktu hanya dua hari. Mencengangkan.

Contoh nih, hari pertama saya sengaja menemui seorang Om (adik sepupu Ayah) dan bersalaman dengan beliau. Benar saja, tangan saya disambut sangat sumringah, dan kejadian berikutnya, dengan bijaksana dan penuh pesona dia meluncurkan kata-kata ajaib : 'Siapa ya?'. Whaatt? ingin pulang saja dari tempat 'asing' itu. gimana bisa dia gak kenal aku? prasaan juga dulu2 kita sering ketemu. kejam! kau kejam om!!

ok, mencoba untuk sabar, aku ngenalin diri aja, dia baru inget, oh yang dulu masih kecil itu yah...?? aku ngebatin :'ya iya lah, smua orang juga dulu pernah kecil!' dasar aneh!!
masuk hari kedua, dimana acara semakin ngelantur gak jelas, aku papasan sama si om kemarin. tradisi di keluarga kita sih mengharuskan untuk gemar menjulurkan tangan kanan kita pada orang yang lebih tua untuk kemudian kita menggapai tangannya dan mencium punggung tangan si 'orang yang lebih tua' tadi. itu wajib dilakukan kapanpun kita bertemu dengan mereka, jadi kalo papasannya seratus kali ya kudu siap nyiapin tangan kanan untuk 'bekerja' sedikit lebih keras (ini salah satu hal yang menurutku jauh dari penting, sekali aja knapa? lagian seneng bener tangannya diciumin sama anak2 kecil?). ok, kembali ke si om, artinya pas ketemu lagi sama dia aku spontan salaman lagi, seneng nih karena aku lihat wajahnya lebih 'hangat' daripada kemaren. aku nyimpulin, oh dia pasti udah mulai kenal sama aku.

akhirnya kita duduk bersebelahan di teras, didalem udah over load kayaknya, panas lagi udaranya, jadi aku pikir mending cari angin seger di teras rumah, dan si om sepertinya punya pendapat sama kayak aku. bingung juga nyari bahan pembicaraan, maklum jarang ketemu jadi gak tau apa yang pantes buat diomongin. nah, pas lagi mikir2 topik, aku bisa ngerasain dia ngeliatin aja dari tadi, anjrit! bikin tambah grogi aja. lagian ngapain ya dia ngeliatin terus?dengan tidak juga memulai pembicaraan?? aku? mulai ngerasa there is something wrong..., tapi gak tau apanya yang salah? (tolong!aku pingin pergi dari sini!)

berhubung udah semakin garing, aku mutusin buat nanya2 aja ke dia, bodo amat, nanya apa aja lah, yang penting kita bisa bicara, gak kayak pertemuan dua orang gagu gini, aku bisa gila! setelah narik satu napas panjang aku beranikan buat noleh, ngebuka mulut buat ngomong : 'om...., eee....' , eh, dia motong omonganku (belom selesai juga, jadi kayak orang gagu beneran aku...:( ). dia senyum dan berkata : 'ini siapa ya?!'

kiamat sudah dekat.

adakah alasan buatku untuk tetap berada di situ?! setauku ni ya, gak ada anggota keluarga ayah yang pikun, trus ini kenapa?? apakah setiap hari wajahku mengalami perubahan signifikan??? ya Tuhan...! ya udah, dengan pasrah kita berkenalan lagi, dan aku langsung cabut ke halaman depan rumah. sudahlah, anggep aja tadi itu gak ada. hhffff........! dan semua itu tak hanya terjadi sekali. o'ow..., apakah ini hanya mimpi?!

anyway, rekor pertanyaan tersering adalah : 'Putri, kapan ni lulus kuliahnya?'. ada apa dengan mereka? tidak adakah pertanyaan yang lebih kreatif? kayak : 'eh, pacarnya udah berapa?' ato apa gitu yang bikin antusias ngejawabnya. guys, it hurts me so bad! (kenapa jadi sensi???)

wow! kebanyakan ni kayaknya postingnya. disudahin aja dulu. eh, tapi pertemuan kemaren asik juga kok, lumayan bermanfaat buat ngerekatin hubungan dan mengeyangkan pencernaan :)

OK, enough for today, have a great Tuesday night!

No comments:

Post a Comment