August 11, 2008

Tak Sesakit Itu

pernah gak ngebayangin, gimana misal kita adalah manusia yang terlahir dengan ketidaktahuan untuk merasa sakit? baik itu secara fisik atau nonfisik, hati dalam hal ini (mmmhhh, berat ni klo udah nyangkut2 ati :p).


kita pasti tau lah, bayi ato anak kecil yang diyakini masih gak ngerti apa2, klo dicubit ato kejatuh pasti bakal nangis gak karuan, bahkan sampe bunyi nangisnya gak jelas, lebih mirip lengkingan2 tinggi tak beraturan (kok serem ya bayinya??). Semua telah mendefinisikan itu sebagai ekspresi kesakitan si bayi, aku pikir kita sepakat. Klo gak ntar pasti bayinya keburu tewas karena kita berpikir dia nangis bahagia. Ya, dia pasti mati dehidrasi, kehabisan air mata (gak keren...). Berlanjut terus saat tumbuh remaja, dewasa dan beranjak tua, tentu saja ia gak akan lagi menangis sejadi2nya hanya karena dicubit ato terjatuh, kecuali jatuhnya dari atas genteng, gak sempet nangis udah masuk UGD duluan. I mean, makin dewasa seseorang pasti makin berkembang juga kemampuannya dalam memberi porsi ekspresi pada tiap rasa sakit. Itu common sense aku pikir.
Ok, disini aku nemuin suatu perbandingan terbalik dari perkembangan sensasi sakit secara fisik dan nonfisik. Ini bermula dari pertanyaanku sendiri, apa bayi bakal ngamuk klo ada orang yg bilang ke dia :'ihh, kamu jelek banget sihh??!!' ato 'wah, kulit kamu item ya?!kok bisa sih??'. Jawabnya adalah: TIDAK!. Paling2 dia diem aja, kalopun nangis kayaknya lebih dikarenakan nada bicara yg nyaring misalkan, ato pake mendelik sgala, jadi si bayi bukannya tersinggung/sakit hati melainkan ngerasa KETAKUTAN. Itu beda lagi.

gimana klo kita, sebagai remaja dan orang dewasa yang dikatain seperti itu? aku yakin, minimal pasti ada gelombang halus di dalam hati yang menyuarakan ketidaknyamanan, setelahnya mungkin batin kita bakal ngumpat, ato malah sampe nyeplos ngumpat beneran. Tergantung tipe masing2 sih. Kita gak nyaman sudah bukan karena nada yg tinggi dan nyaring tapi justru oleh pengaruh arti kata2 tersebut. Setelah dewasa dan mengerti apa itu makna jelek dan kulit item, kita pasti akan tersinggung dengannya. Walaupun katakanlah itu merupakan fakta (kesian ya?!), tetep aja, rasa kesenggol pasti muncul (ato keseruduk malah??).

you see, fisik dan hati berbanding terbalik dalam soal pemaknaan sensasi kesakitan. kenapa begitu? aku juga gak tau.

bagaimana rasa sakit dalam hati itu tiba2 datang? padahal dulu semasa kecil, kita seakan gak pernah menghiraukan hal2 begituan. Semua terasa simpel, badan sehat, ada mainan, ada makanan dan susu bayi maka dijamin kita akan baik2 saja. Segalanya mulai ribet dan complicated (sama gak sih arti dua kata itu??) saat kita sudah mengerti gimana rasanya tersakiti, gimana rasanya sakit karena kekalahan, sakit karena penghinaan, dibohongi, kecemburuan, sampe sakit karena kehilangan dan ditinggalkan. Kenapa kita selalu saja gak bisa mengabaikan penampakan sensasi2 yg ngebuat hati berasa kaya diparut-parut sampe hampir habis? uuooohhh..., sadis bener!

Kita mengenal heartache tanpa digurui secara langsung oleh siapapun, bahkan orang tua sekalipun. Aku pikir, mungkin aja ini hanya sebuah kelatahan massal. kita terlampau terpengaruh melihat orang2 di sekitar, cerita2 mengenai menyakiti-disakiti, suguhan di media2 yg semakin hiperbola dan mendekati kefanaan, bisa jadi semua itu yg ngebuat kita mengartikan sendiri tanpa sadar bahwa jika A maka B. Dengan A adalah kalah, hinaan, dibohongi, cemburu, kehilangan dan ditinggalkan sedangkan B adalah sakit hati gak ketulungan. Begitu ngalamin salah satunya secara otomatis kita akan bereaksi menurut artikulasi tersebut.

masalahnya, apa emang bener seperti itu? ato paling gak, apakah memang harus sesakit itu?. Jangan salah, aku gak pernah tau yg bener seperti apa. Ini cuma hasilku merenung gak jelas seharian, bukan karena gak ada kerjaan, tapi justru akibat dari kesemrawutan kerjaan2ku, jadi kayaknya mending diem aja dulu. Upsss, usaha pembenaran sepertinya :).


Here it is,
aku pernah baca sedikit teori mengenai rasa sakit. katanya, sakit itu muncul sebagai sirine alamiah untuk tubuh supaya ia tidak melakukan apa2 terhadap daerah yg lagi sakit, ato juga sebagai warning bahwa there's something wrong in your body. Contoh, klo lutut kita nyeri artinya janganlah dulu dipake jongkok bwt BAB, ntar malah gak kluar karena ribet nahan nyeri. Klo tenggorokan sakit artinya kemungkinan besar ntar kita bakal batuk2 ato flu. Nah, apakah teori itu juga berlaku bagi hati? Ya, I think. Tapi hatinya doank yg diem, tidak dengan tubuh. Lihat aja, orang yg lagi sakit hati pasti mencelat kemana2. Berusaha nyari kegiatan, apa aja, yg penting gak diem, ato dia bakal mati gila, ngempet nyeri yg gak kasat mata :p.

sakit mungkin pemberian yg sangat natural. gak bisa ditolak, gak bisa dijauhi. Gak ada sakit, manusia adalah robot. Gak punya sakit, tiap2 dari kita mungkin bakal terus berbuat kerusakan, gak peduli gimana perasaan orang lain. Tapi bukan berarti ia bisa menenggelamkan hati kedalamnya, kedalam laut kesakitan yg mematikan. Kadang sakit tidak sesakit perkiraan, mungkin hanya alam bawah sadar yg terlanjur merekam pengertian yg kurang proporsional akan ngebuat sakit hati, sekecil apapun, menjadi hal paling menyedihkan di dunia, bagi kita.

Di waktu-waktu tertentu, aku pingin juga terlahir sebagai orang yg gak tau bagaimana merasakan sakit, ato bisa terus merasa seperti apa yg dirasa waktu bayi. simpel dan lurus. Tapi kayaknya kita tidak tercipta seperti itu, setiap manusia yg diciptakan telah disiapkan untuk menanggung sebuah rasa sakit yang pasti datang, setiap saat. kapanpun ia diberikan. Sekarang ini, aku lagi nyari tempat mana aja yg bener2 tepat untuk meletakkan sakit yang telah ato akan diberikan, lepas dari semua pengaruh yang udah ada selama ini. Sebuah penempatan pribadi, tanpa perlu terbandingkan oleh apa dan siapapun. Toh, kapan kita merasa gak sanggup lagi dan kapan kita masih merasa mampu memangkunya niscaya sudah diketahui pasti olehNya. Kita diberi, bukankah berarti kita dinilai mampu untuk membawanya?

wuuihh, gini ini, gampang sih nulis ato ngomongnya. gak tau lagi klo misal sedang jadi objek penderita, nyaaahahaha!!!

2 comments:

  1. Wah..sakit itu perlu agar kita belajar untuk gak menyakiti orang lain.

    ReplyDelete
  2. sakit raga.. sakit hati.. sakit jiwa..

    mengenal kesakitan tanpa diajari~
    Yah, lingkunganlah yang mengajari kita..

    ReplyDelete