September 13, 2008

Menginspirasi, Menghabisi

Percaya ato tidak, menurutku, kadang di waktu2 tertentu, emosi kita bisa sangat terpengaruh oleh musik. Ya, keberadaan musik, baik melalui melodi ataupun liriknya sering ngebuat aku jungkir balik, guling-guling sendiri di kamar, bentur2in kepala ke kasur (ehmm.., itu niat mbenturin ato cuma pingin mijet2 jidat?), ngerasain banget yang namanya emosi jiwa meluap-luap sampe mentok gak tau harus ngapain lagi, ato malah sebaliknya, bisa juga ngerasa damai, tenang, optimis, tegar, dan segudang rasa positif lainnya.

Ajaib, karena saat musik dimainin, sama sekali gak kepikiran untuk menempatkan diri didalamnya. Ngerti kan? mainin musik ya didengerin aja gitu, tanpa berusaha menghayati berlebihan. Niatnya cuma supaya kamar gak sepi aja. Sebait lewat, dua bait mulai didengerin, tiga bait mulai ngeh itu kontennya tentang apa, dan........ bait-bait selanjutnya memoriku udah melayang kemana-mana, itulah kayaknya bagian yang paling 'mengganggu' dalam proses mendengarkan sebuah musik. Mengganggu, kalo memang waktu itu kondisi kejiwaan lagi gak siap nerima lirik-lirik yang begitu sempurna nabrak, jauh ke dalam. Kalo udah gitu, aku milih nyudahin aja, daripada ntar muncul reaksi tak terduga (seperti apa ya kira2?? ...).

Aku, termasuk tipe orang yang menyukai musik dari susunan lirik, baru kemudian komposisi melodinya.Artinya, begitu mendengar sebuah lagu/musik, yang aku cermati di awal adalah kata2 yang digunakan pada tiap bait. Kalo liriknya sederhana, gak berlebihan, logis dan punya kesan elegan (ini kurang bisa dideskripsikan emang, mungkin tiap person punya nilai sendiri untuk ke'elegan'an), biasanya aku bisa langsung suka, apalagi kalo didukung oleh melodi yang dikonstruksi dengan ciri khasnya sendiri, tapi tetep simple, easy listening. Menurutku, itu baru musik, yang berpeluang bikin aku jambak-jambak rambut sendiri :D.

Musik emang salah satu instrumen pewarna hidup, punya banyak arti. Menjangkau banyak sisi kehidupan. Tinggal gimana masing-masing person mengartikan musik itu sesuai pemahamannya sendiri.

berkenaan dengan per'musik'an, ada kebiasaan yang mungkin gak asing bagi sebagian orang. Biasanya ini terjadi kalo aku pas berada pada satu kondisi dimana semua berasa melayang-layang tinggi di atas sana, sedangkan aku seolah cuma pemain yang terlempar jauh ke bawah, sendiri. sepi. gak ada siapa-siapa. Pernah dong ngerasa gitu? berada pada kondisi ter'bawah', tapi dituntut untuk bisa survive dengan bekal yang kamu punyai sekarang. Berat. Rasanya gak pingin ngapa2in. Kalo sudah seperti itu, keberadaan lagu bisa jadi kawan tanpa syarat yang siap nemenin setiap kali waktu-waktu desperate melanda :D.

Lirih-nya Chrisye, Merasa Sepi-nya Jikustik, Shiver, Scientist, dan In My Place-nya ColdPlay, Now and Then-nya BlackMore's Night adalah beberapa musik yang belakangan ini sering aku dengerin. Gak tau kenapa. Rasanya nyaman aja ndengerin mereka, meski kadang agak berasa miris-miris gimanaaaa gitu...

Pernah denger Hello-nya Lionell Richie? Termasuk lagu jadul sih emang...

dan aku selalu mendadak jadi lemes abis tiap denger itu lagu. Kenapa? karena itu adalah lagu yang secara tiba2 dan tak terduga dikirim ke emailku, tahun 2001, dulu. Pengirimnya, laki-laki pertama yang bilang 'I L*** You' waktu aku masih jadi bocah ingusan. Masih ABeGe kelas satu SMA. Belom teu apa2. Wajar, anak ingusan VS pemuda tampan berusia 22 tahun (waktu itu) yang sangat mengerti bagaimana caranya meluluhkan hati anak2 dibawah umur :D, maka sudah bisa ditebak, aku meleleh, seleleh-lelehnya. Kayak coklat batangan yang dimasak di atas kompor membara (apa sih??!!). Lagu itu seolah jadi lagu 'Kita'. Soundtrack yang bikin aku nunduk malu-malu setiap ketemuan sama dia. Hanya sepuluh bulan. Kita bubaran dan sisanya, lagu itu gak lagi indah, tapi justru ngebuat ayam goreng gak lagi sedap dan teh hangat gak berasa nikmat. Gak tau kenapa, rasanya muka ini hangat2 dingin setiap kedengeran tuh lagu. Sampai sekarang :). Yang jelas, aku gak bakalan mau denger Hello kalau ada hal penting yang harus dikerjain/diselesaikan. Bisa2 berantakan semua kerjaanku.

Lagi, Somewhere Only We Know nya Keane bikin aku menderita influenza hati ato step jiwa...

Tuh lagu juga punya banyak cerita, punya banyak rekaman momen2 ajaib, meaningfull sekaligus painfull. Lagu yang penah ikut mengantarkan aku terbang tinggi, setinggi-tingginya dan ended up dengan jiwa raga terjun bebas gak pake parasut dan tanpa instruktur ahli yang menemani. Aku jatuh, membentur tanah. Berdarah. Somewhere Only We Know masih tetap mengalun. Dia (si lagu) gak tau, aku lagi megap-megap nyari nafas. Hampir hilang kesadaran, hampir berubah wujud jadi Pai Su Chen yang akan segera diangkat ke menara petir oleh Dewi Kwan Iem untuk diasingkan, menjauh dari Han Wen (oiya, aku fans setia dari serial White Snake Legend, btw kok gak ada lagi ya sekarang??).

hhhhhh.........!!!! apapun itu, gak bakalan menghilangkan apresiasi aku pada lagu. Sebuah karya yang mampu menghadirkan sisi berbeda-beda bagi tiap orang. Karya yang bisa sangat menginspirasi tapi kadang juga bisa meng'habis'i. Tanpa lagu-lagu/musik-musik itu, aku mungkin gak bakal tahan melekan semaleman buat nyelesein Tugas Akhir (yang memang gak slese-slese...). Hidup per lagu/musik an!!! :D

2 comments:

  1. setidaknya... sayah tidak pernah masuk RSJ karena dengerin musik

    ReplyDelete
  2. wah .. saya juga pernah di ceritain sama mamah tersayang mengenai musik.. waktu saya masih di kandungan ..waktu itu mama saya dengerin radio, sambil tiduran. ketika dengerin lagu keroncong perut mama saya katanya sakit.. trus dengrin lagu pop malah jdi mules.. eh pas lagu dangdut perut mama saya malah goyang2 ..
    aneh ya ??

    ReplyDelete