July 31, 2008

Balada Pecandu

kadang, aku kesian sama pecandu. ya, mereka yg kepalang basah tergantung (menggantungkan diri) dengan segala macem obat2 ajaib yang katanya terlarang.

kayaknya kita semua sudah ngerti lah, gimana getirnya (seehh... getir!!) dunia pecandu, sebenernya bukan bener2 dunia mereka yg getir tapi dunia orang lain/ dunia lain, surrounding them. ya orang tua,sodara, kawan2 (bagi yg concern), masa depan, pendidikan, karir dan lain sebagainya, kesemuanya (katanya nih) potensial untuk bertransformasi menjadi sesuatu yg buruk, meski jika mereka semua beruntung bukan gak mungkin akan ada transformasi oposisi untuk membalikkan pada kondisi semula, bahkan lebih baik.


ini bukan pengamatan terkendali sih, aku gak tau realnya di lapangan, tapi pas nulis gak tau knapa aku jadi keinget sinetron2 yg nyritain kisah2 macem gitu. kan sering tuh, tiba2 pas malem hari, rumah si pecandu dan keluarga ketiban cahaya2 berwarna-warni, sssrrriiiinggg.........!!! trus besoknya setelah ngalamin penderitaan hebat nan menyiksa (gak, aku gak berlebihan kok) dia tobat mendadak, berlinang air mata dengan bapak ibu yg tersenyum lebar sekali, 'syukurlah Pak, anak kita akhirnya selamat...'. dan sinetronnya tamat. cukup inspirasional bukan,kawan2??!!

bukan, aku bukan penggemar sinetron. ini adalah efek masa lampau ketika dengan sabar aku harus ndampingin eyangku, dia satu dari berjuta orang Indonesia penggemar gituan. gini2 aku cucu pemindah channel yg berbakti ;p

ok, balik lagi. dimana2, gak bakal ada orang yg bener2 simpati sama pecandu obat. gak akan ada ibu yg sudi anak gadis dan perjakanya bersanding sama mereka.gak mungkin ada manusia normal yg hendak berkawankan si pengobat kecuali dia sama2 gemar obat. hampir di tiap kesempatan, potret hidup seorang pecandu diekspos dengan nuansa balada, selalu bikin yg nonton miris, klo dia bawa anaknya pasti bakal bilang :'tuh nak, jangan sampe kamu kayak gitu, awas ntar klo ketauan!'. maka menurutku pecandu lebih diletakkan sebagai contoh najis yg tak layak disentuh kecuali oleh ruang2 pengobatan yg terisolasi plus dokter2 yg klo mereka bukan dokter aku jamin gak bakalan mau bersentuhan dengan raga pecandu.

tapi setidaknya ada sisi2 emas pada hampir semua pecandu yg ingin normal.ada nilai2 yg patut diberi harga tinggi. aku nyandu ngupil, dan ada orang yg paling benci dgn 'bisnis' perngupilanku, pingin sih berhenti cuma kayaknya selalu ada energi yg nyedot telunjuk untuk menghampiri sang lubang hidung.intinya, aku dgn bangga masih nyandu ngupil, till now. makanya aku gak tau dan gak pernah bisa mbayangin gimana susahnya menjauh dari ngobat yg mungkin menyediakan kenikmatan berlipat dibanding ngupil (ya iya lah!!!), that's why kayaknya mereka yg sukses keluar dari ketergantungan 'obat' pasti person2 superior, lepas dari campur tangan medis ni ya, willingness yg terbangun untuk sembuh adalah something difficult to find, mahal dan belum tentu ada pada tiap pribadi. aku aja masih gak mampu jauh2 dari ngupil (sungguh komparasi yg tak sebanding ;)).

well,menyudahi kecanduan emang gak mudah, apapun bentuk nyandunya.ngupil, nonton TV, shopping, ngrumpi, tidur,ngrokok, ngopi, nyuri, mbunuh (iya ni, kbanyakan nonton beritanya Ryan ;)), sampe nyandu paling ngetop:'ngobat'. proses penyembuhannya, masing2 akan membawa 'penderitaan' yg mungkin hiperbola bagi orang lain tapi gak karuan setengah mati bagi si penderita (ngupil juga lho!). kita bagaikan harus ninggalin 'rumah dan segala isinya', menjauh untuk nyari suatu tempat berdiam, dimana nanti saat kembali kita gak bakal nyentuh 'candu' itu lagi meski mereka ada di ujung hidung kita sekalipun. proses ninggalin rumah itulah yg bikin panas dingin, gak kegambar rasanya.

sulit, sakit dan berat bukan berarti gak bisa dilewati. mungkin akan ada keringat yg membanjiri, mungkin bakal ada airmata ngecret2 sampe kaya' mo habis, mungkin juga sampe ada darah yg ngucur dari sekujur tubuh kita (wadaaww, kok jadi merinding?), atau mungkin upil akan menumpuk di sekitar idung ??? (it could be?!) hanya untuk ninggalin sebuah 'rumah'. tapi menurutku, untuk itulah kita punya keringat, airmata dan darah, untuk membuat semuanya terasa lebih baik, lebih ringan :) , bener gak sih? ekstrem bener kayaknya?? bener kan? bener sih, bener dong...!

anyway, kenapa akhir2 ini semua menjadi sangat serius?! duuuwwhh...,aku pingin bisa becanda lagi :D

5 comments:

  1. aku jadi ingat teman2 yang udh kecanduan mang sih klo dah parah bisa ngelakuin apa aja, asalkan dpt obatnya...

    ReplyDelete
  2. mo gimana lagi..
    kalo di negara kita tercinta ini, para pecandu ditangkap dan dikumpulkan di ANN (Asosiasi Narkoba Nusantara) alias penjara.. gimana bisa sembuh???
    -_-|||


    oia, HALO! :D
    aku mampir lagi kemarii!! aku link yaa~ makasi dah mau baca blogku^^..
    :)

    ReplyDelete
  3. k indira~ pasang chatbox dunx~
    hehehe.. ayo ayo ayo!!
    :D

    ReplyDelete
  4. chatbox::

    *di chatbox-ku, sebelah kanan bawah ujung,
    klik ada tulisan 'cbox',
    *trus pilih 'get your own free cbox now'
    *isi data dan pilih disain chatboxnya
    *log in
    *abis itu pilih 'publish'
    *copy kode yang dikasi
    *paste di blog (ada di kostumasi layout blogger, pilih 'tambah elemen')
    SELESAI!!!
    :DD

    ReplyDelete